ikatan kimia

Ikatan Kimia

Atom – atom unsur golongan gas mulia sangat tidak reaktif dan cenderung berada dalam keadaan tunggal. Gilbert Newton Lewiis (1875-1946), seorang kimiawan dri Amerika dan Albrecht Kossel (1853-1927), seorang kimiawan Jerman, menjelaskan mengapa atom unsur gas mulia sangat stabil dan sulit membentuk ikatan dengan unsur lain.

Hal ini berkaitan dengan konfigurasi elektron dan unsur golongan gas mulia. Konfigurasi inilah yang harus dicapai oleh unsur – unsur lain agar mencapai keadaan stabil. Gas mulia (golongan 18) mempunyai elektron valensi sebanyak 8 elektron (octet), kecuali unsur helium yang memiliki 2 elektron valensi (duplet). Atom dari unsur-unsur lain berusaha memiliki konfigurasi elektron yang stabil dengan cara melepas atau menerima elektron.

Jika suatu atom bergabung , maka atom-atom itu akan menggunakan electron terluarnya untuk saling berikatan. Simbol khusus yang sering digunakan untuk menggambarkan jumlah elektron terluar dari suatu atom disebut simbol Lewis.

Ikatan kimia adalah ikatan yang terjadi antara atom-atom yang membentuk suatu molekul. Atom-atom yang berikatan bias berasal dari unsur sejenis maupun berlainan jenis. Ikatan kimia mempunyai 4 ikatan, diantaranya :

  1. Ikatan Ionikatan ion adalah ikatan kimia yang terjadi karena adanya peristiwa serah terima elektron (pelepasan dan penerimaan elektron) yang mendorong terbentuknya ion positif dan ion negatif.

  2. Ikatan Kovalenikatan kovalen adalah ikatan kimia yang terbentuk dari pemakaian elektron bersama oleh atom-atom pembentuk ikatan.

  3. Ikatan Kovalen Koordinat (Ikatan Dativ)ikatan kovalen koordinat adalah ikatan kimia yang terjadi apabila pasangan elektron bersama yang dipakai oleh kedua atom disumbangkan oleh salah satu atom.

  4. Ikatan LogamLogam merupakan unsur yang memiliki atom-atom terpola secara teratur. susunan atom-atom tersebut biasa disebut kristal atom. Ikatan yang menggabungkan atao-atom logam ini disebut sebagai ikatan atom logam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *