Riding

4 Tips Aman Berkendara Saat Mudik

Membawa kendaraan sendiri untuk pulang ke Kampung halaman memang lebih murah. Hanya, faktor kesehatan dan keselamatan selama berkendara perlu diperhatikan. Bagaimana kiatnya ?

Tidak dipungkiri, aspek kesehtan berperan vital dalam menjaga keselamatan dan keamanan berkendara. Tantangan berkendara ketika mudik bukan hanya terkait jarak yang jauh, melainkan juga kondisi tubuh yang sedang berpuasa sehingga membuat perjalanan terasa lebih berat. Berikut tips agar aman dan tetap sehat selama mudik.

  • Jaga kecepatan kendaraan yang berpotensi mengakibatkan kecelakaan. Fisik orang yang tengah menjalankan puasa tidak sebugar dibanding saat tidak berpuasa. Rasa kantuk akan muncul ketika badan terasa tidak bugar. Karena itu, berkendaralah dengan kecepatan wajar karena kemampuan spasial (melihat jarak, membaca kecepatan) seorang pengemudi yang berpuasa biasanya tidak maksimal dan ini menimbulkan reaksi yang lebih lambat dalam berkendara.
  • Waktu tidur pada bulan puasa, jam tidur akan terpotong waktu sahur. Ini membuat pengendara lebih cepat lelah dan kurang berkonsentrasi. Karena itu, maksimalkan jam tidur dan kurangi aktivitas yang kurang bermanfaat seperti begadang. Tidur yang cukup dapat menghindari rasa kantuk saat berkendara.
  • Jaga emosi kemacetan biasa terjadi menjelang berbuka puasa. Kondisi ini cukup mengganggu, dimana setiap pengendara tergesa-gesa untuk segera sampai dirumah dan berbuka bersama keluarga. Ketika anda berkendara, sebaiknya tetap tenang dan atur pikiran untuk selalu berpikir positif dan menjaga emosi. Cara berkendara yang santun dan tidak mengganggu pengguna jalan lain akan mengurangi risiko kecelakaan.
  • Tetap terhibur dengan In- Car Entertainment pada bulan puasa, pengendara akan menjadi mudah lelah dan mengantuk, apalagi ketika berhadapan dengan kemacetan. Karena itu, penting bagi Anda untuk memastikan radio atau In-Car Entertainment kendaraan berfungsi dengan baik. Hal ini dapat membantu Anda menstimulasi pikiran tetap jernih dan menjaga mood tetap baik dalam berkendara. Ini juga dapat melepas tingkat stress Anda dijalan dan meminimalisasi kadar emosi yang memicu keluarnya energy cukup besar. Selain itu, Anda dapat mendengar kapan adzan maghrib berkumandang.

Demikianlah Tips  ini yang dapat kami sampaikan. Karena keterbatasan Pengetahuan dan Referensi, Penulis menyadari Tips  ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu saran dan kritik yang membangun sangat diharapkan agar  Tips  ini dapat disusun menjadi lebih baik lagi dimasa yang akan datang. Dan 4 Tips ini dapat membantu Anda dalam berkendara saat mudik selama menunaikan puasa.

Jangan lupa like dengan komentar dan share, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *