muscle

Wajib Tahu! Inilah 2 Sifat Kerja Otot

Sifat Kerja Otot
Otot adalah alat kerja aktif yang menyebabkan tulang kita bergerak. Berdasarkan kerjanya, otot dibagi menjadi dua yaitu sebagai berikut :
1. Otot protagonis
Otot protagonist adalah otot-otot yang cara kerjany dalam satu arah. Contoh : otot yang ditemukan di lengan bawah, otot dada, otot betis, otot perut, dan otot paha.

2. Otot Antagonis
Otot antagonis merupakan otot-otot yang kerjnya berlawanan arah. Otot ini memiliki beberapa macam gerak, antara lain sebagai berikut :

a. Ekstensor-Fleksor
Ekstensor adalah gerak meluruskan, sedangkan fleksor adalah gerak membengkokkan. Ketika kita berdiri dan posisi kaki kita lurus, berarti kita melakukan gerak ekstensor. Adapaun saat jongkok posisi kaki menekuk, berarti kita melakukan geraak fleksor.

b. Abduktor-Adduktor
Abduktor adalah gerakan menjauhi badan, sedangkan adductor adalah gerakan mendekati badan. Gerak tangan sejajar bahu disebut abductor, sedangkan gerak sikap sempurna disebut adductor.

c. Depresor-Elevator
Depresor adalah gerak menurunkan, sedangkan elevator adalah gerak mengangkat, misalnya gerak menunduk dan menengadah.

d. Supinator-Pronator
Supinator adalah gerak mengadahkan tangan, sedangkan pronator adalah gerak menelingkupkan tangan. Kedua macam gerakan ini seperti gerak melingkar satu sumbu netral sehingga disebut juga rotasi.

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *