bone

Kamu Wajib Tahu! Inilah 7 Kelainan pada Tulang

Kelainan pada Tulang

Pegal adalah kondisi dimana tulang terasa kaku. Akan tetapi, pegal bukanlah termasuk kelainan pada tulang. Ada beberapa macam kelainan yang terdapat pada tulang sebagai organ gerak pasif, contohnya sebagai berikut :

  1. Osteoporosis

Osteoporosis adalah pengeroposan pada tulang. Penyakit ini disebabkan oleh kekurangan kalsium dan vitamin D. osteoporosis ditandai dengan tulang menjadi mudah retak atau patah.

  1. Rematik

Penyakit ini menyebabakan rasa nyeri pada perssendian. Rasa nyeri ini terutama dirasakan pada pergelangan tangan, kaki dan siku.

  1. Kifosis

Kifosis adalah kelainan tulang akibat sikap duduk yang terlalu membungkuk ke depan. Kifosis juga disebabkan kebiasaan duduk denan meja yang terlalu rendah. Akibatnya, tulang belakang menjadi bungkuk

  1. Lordosis

Lordosis adalah kelainan tulang akibat sikap duduk yang menyebabkan tulang belakang melekuk ke depan. Lordosis terjadi karena kebiasaan duduk dengan meja yang terlalu tinggi. Jika kebiasaaan ini dibiarkan terus-menerus, maka tulang belakang akan melekuk ke depan.

  1. Skoliosis

Scoliosis adalah kelainan tulang akibat sikap duduk yang terlalu membelok ke samping. Sikap duduk seperti ini membuat posisi tulang belakang membelok ke samping.

  1. Polio

Penyakit polio atau poliomyelitis adalah penyakit kelumpuhan yang disebabkan oleh virus. Penyebab penyakit polio adalah poliovirus (PV). Biasanya kasus terbanyak penyakit polio menyerang anak-anak, namun bukan berarti orang dewasa bias bebas dari penyakit polio.

  1. Rakitis

Rakitis adalah penyakit karena kekurangan vitamin D atau kekurangan sinar ultraviolet dari matahari pagi. Penyakit ini biasanya dialami oleh anak-anak. Penderita rakitis mengalami pembentukan tulang yang tidak sempurna. Contohnya pada kaki anak yang berbentuk huruf O atau X.

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *