movement

Kamu harus tahu! Sistem Gerak Hewan dan Manusia

Sistem Gerak Hewan dan Manusia
Salah satu ciri makhluk hidup adalah bergerak atau berpindah tempat. Gerak dapat diartikan sebagai perubahan posisi sebagian atau seluruh bagian dari tubuh makhluk hidup. Biasanya, makhluk hidup akan bergerak untuk menanggapi impuls atau rangsangan yang diterima sebagian atau seluruh bagian tubuhnya, manusia dan hewan bergerak menggunakan alat gerak yang tersusun dalam system gerak.
Manusia dan hewan mempunyai alat gerak aktif dan pasif, yaitu alat gerak pasif berupa tulang dan alat gerak aktif berupa otot. Keduanya bekerjasama dalam melakukan pergerakan membentuk suatu sistem yang disebut sistem gerak tulang. Tulang merupakan alat gerak pasif karena tidak dapat melakukan pergerakannya sendiri. Tulang hanya bisa bergerak mengikuti gerakan otot.
Otot disebut alat gerak aktif karena memiliki senyawa kimia yang membuatnya dapat bergerak. Senyawa tersebut bernama aktomiosin yang merupakan gabungan dari protein aktin dan myosin. Aktomiosin memberikan sifat lentur/fleksibel pada otot sehingga dapat memendekan serabut otot pada sat kontraksi atau memnjangkan serabut otot pada saat relaksasi/kembali pada posisi semula.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *