secret of life

Wajib Kamu Tahu ! Menyimak Tabir Rahasia Kehidupan (Part 1)

Manusia diciptakan sebagai makhluk yang paling sempurna. Manusia juga memiliki kadar kemampuan berfikir yang baik, sehingga manusia disebut sebagai makhluk yang luar biasa dari semua makhluk. Manusia juga bukan makhluk yang lemah, hanya saja manusia lemah hanya dimata tuhan NYA. Secara naluriyah dan bathiniyah memang manusia memiliki sifat yang kharismatik sekali.

Sifat itu antara lain : sedih, senang, amarah, iri, dengki, amarah dan sebagainya. Dan secara fisik, manusia itu sempurna. Hanya saja ada yang tercipta sehat fisik dan ada yang tercipta kekurangan fisiknya. Manusia terkadang lupa, bahwa sebenarnya manusia itu adalah makhluk paling lemah di mata Rabb NYA. Ada mungkin yang dilihat orang kebanyakan jika sebagai manusia sering sekali untuk berbuat angkuh dan berbicara tak sopan bahkan bersikap tak santun saat berhadapan dengan orang lain.

Sebenarnya semua itu adalah fitrah manusia. Jika dikembalikan kepada Allah SWT , mungkin itu juga qodarullah. Tapi masa iyaa ??? dengan bicara dan bersikap begitu bias disebut juga demikian ??? Manusia sempurna bisa jadi manusia yang tak pernah marah, tak pernah menggossip, tak pernah menangis, tak pernah mengomel dan lain sebagainya.

Berbeda dengan manusia yang suka menghina, suka mengomentari pribadi orang lain, suka meremehkan, suka mencaci bahkan suka menggosiip dan mengomel sekalipun, itu merupakan manusia sempurna bukan ???
Sebagai manusia sempurna, pernah sekali mungkin dimarahi, di benci, dicaci, dihina, diremehkan, direndahkan orang lain.

Justru manusia yang baik adalah manusia yang mampu menngendalikan sifat buruk hingga menjadi lebih baik dan paling baik. Saat diremehkan, direndahkan, dimarahi, dicaci, dimaki, bahkan diberikan kepalan tangan nya menunjuk arah ke kita… sebaiknyalah redam itu semua. Agar hidup kita sendiri damai. Karena jika sebagai manusia yang dijadikan objek untuk dimarahi, dicaci, dihina, diremehkan dan direndahkan orang lain justru kita harus menjadi teladan yang baik. Agar kita tidak seperti orang tersebut, dimana diremehkan malah berbalik meremehkan.

Itu sallaaahhh! Sebagai ibroh yan akan menjadi pedoman diri, bahwasannya jika orang lain berbuat buruk terhadap kita justru kita harus lebih bersabar dengan tidak membalasnya dengan yang lebih buruk lagi. Kita lah yang harus membalasnya dengan beribu kebaikan yang bermanfaat, agar orang tersebut dapat belajar lebih baik lagi menjadi manusia yang paling baik. Sepatutnya juga kita saling mendoakan.

Berusaha dan belajar mendoakan untuk orang yang telah berbuat jahat dan berbuat dzalim kepada diri kita agar diri orang tersebut labih baik dari kita. Sehingga ada perubahan yang real bahwa kita menjadi contoh dan teladan bagi semuanya. Manusia wajib mendoakan sesam muslim, non muslim sekalipun kita perlu mendoakannya agar terjalin kedamaian dan kenyamanan dalam hidup. Tak luupa juga, mintalah selalu dan terus hanya kepada Allah SWT. Karena ALLAH SWT adalah tempat kembali kita bernaung. Belajar untuk mengembalikan segalanya pasrah, tawakkal ilallaah, agar hidup kita senantiasa ALLAH SWT semakin ridho dengan yang akan ditempuh sesuai tujuan dan harapan hidup ini.
Barakallaaah fiikum